BPBD KAB MAGETAN

Penguatan Mitigasi SMAN 1 Magetan

Magetan – BPBD Provinsi Jawa Timur menggandeng BPBD Magetan melakukan penguatan mitigasi sekolah aman bencana melalui program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Program ini merupakan prioritas nasional untuk mewujudkan sekolah dan madrasah aman bencana, salah satunya di wilayah Kabupaten Magetan, yaitu di SMAN 1 Magetan.

Juga turut hadir dalam acara ini, Komisi E DPRD Jatim, Kadin Dinas Pendidikan Prov.Jatim wil Magetan, dan Kabid PK BPBD Prov Jatim.Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa bersama Kalaksa BPBD Magetan Ari Budi Santosa, SH.MM, Senin (12/9).

Dalam sambutannya, Kalaksa BPBD Prov Jatim mengenalkan kepada para siswa dan guru peserta SPAB segala ancaman yang mungkin terjadi, dari berbagai ancaman tersebut, ia berharap bisa memahami strategi penanggulangannya hingga bisa menularkan kepada siswa yang lain.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Magetan menyatakan sangat mendukung adanya program sekolah aman bencana dan diharapkan siswa dan guru dapat memahami sehingga terbangun kesadaran akan ancaman dan upaya yang dilakukan.

Pada kesempatan yang sama Komisi E DPRD Prov Jatim, menjelaskan bahwa program ini dapat meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan menghadapi bencana bagi sekolah.


Selama kegiatan peserta didampingi Fasilitator dari SPAB Jawa timur, melakukan pembelajaran di kelas, simulasi gempa bumi dan kebakaran.