BPBD KAB MAGETAN

Rakor Satgas Pengendalian Karhutla Kabupaten Magetan

Magetan – Luas wilayah Kabupaten Magetan termasuk wilayah terkecil ke-2 se Provinsi Jawa Timur namun Kabupaten Magetan memiliki resiko bencana alam hidrometereologi yang tinggi seperti banjir, banjir bandang, cuaca ekstrim, tanah longsor, gempa bumi, kekeringan dan kebakaran hutan.

Memasuki musim kemarau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan menggelar Rapat Koordinasi Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Magetan, Selasa (30/8) di Pendapa Surya Graha.

Rakor dipimpin oleh Hj. Nanik Endang Rusminiarti, M. Pd selaku Wakil Bupati Magetan menekankan bahwa pentingnya air sebagai sumber kehidupan masyarakat magetan menjadi faktor penting seluruh tim satgas karhutla perlu mencegah terjadinya karhutla di wilayah Kabupaten Magetan.

Dalam pemaparannya Wakil Bupati Magetan juga menjelaskan penanganan karhutla tidaklah mudah karena kondisi medan, maka pentingnya penyadaran kepada masyarakat yang beraktifitas di hutan dan petani penggarap hutan rakyat untuk tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan pertanian serta terus meningkatkan koordinasi, kerjasama antara pemerinta, dunia usaha, kelompok komunitas masyarakat, akademisi dan media.

Dalam rakor ini juga turut hadir Dandim, Kapolres, Administratur KPH Lawu Ds Madiun.